Julie Sulianti Saroso lahir di Karangasem, Bali, 10 Mei 1917, atau 28 tahun sebelum Indonesia merdeka. Namanya diabadika... - foredi gel jambi

foredi gel jambi

Julie Sulianti Saroso lahir di Karangasem, Bali, 10 Mei 1917, atau 28 tahun sebelum Indonesia merdeka. Namanya diabadikan menjadi nama salah satu rumah sakit di Jakarta.

Sul, begitu ia akrab disapa. Mungkin tak banyak yang tahu sosok perempuan ini. Ia punya jasa besar terhadap dunia kesehatan Indonesia.  Selama masa perjuangan kemerdekaan, Sul aktif bergerak ke kantong-kantong gerilya daerah Tambun, Gresik, Demak, hingga Yogyakarta untuk mengusahakan obat-obatan dan makanan. Aktivitasnya itu membuat Sul sempat ditahan oleh Pemerintah Kolonial Belanda selama dua bulan di Yogyakarta.

Ia aktif di Organisasi Pemuda Putri Indonesia (PPI), bersama teman-temannya, ia juga membentuk Laskar Wanita yang diberi nama WAPP (Wanita Pembantu Perjuangan). Pada 1947, ditemani Utami Suryadarma dan Sukaptinah, ia menjadi delegasi Indonesia di Kongres Wanita di India.

Saat itu, ia menumpang pesawat terbang milik industrialis Patnaik yang pada masa itu menjadi blockade runner, menembus blokade yang dipasang oleh Belanda. Sul Muda menimba ilmu di Sekolah Tinggi Kedokteran (Geneeskundige Hoge School) di Batavia pada 1942.

Setelah tamat, ia bekerja di bagian penyakit dalam Centrale Burgelijke Ziekenhuis, yang kini dikenal sebagai Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Lalu, ia melanjutkan kariernya di bagian penyakit anak RS Bethesda, Yogyakarta. Ia memulai kariernya di Kementerian Kesehatan pada 1951 dan menjabat berbagai macam posisi.

Sul meninggal dunia pada 29 April 1991 dan namanya diabadikan menjadi nama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

Sumber: cnnindonesia .com
Foto: indonesia .go.id


foredi gel jambi

---

Cara #1 Pria Perkasa Herbal Rekomendasi Boyke Dian Nugraha di http://www.OnPerkasa.com

Komentar